Jumat, 01 Mei 2015

CONTOH PERUMUSAN JUDUL PENELITIAN TINDAKAN KELAS ( PTK )

TUGAS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS TERSTRUKTUR KELOMPOK




OLEH:
NAMA        : KELOMPOK 8

AGUS SALIM HAIKAL
BUNGA EFRIYANTI
KHALIDA SOPHIA
TUTI ALAWIYAH

MAHASISWA PGMI A. SEMESTER VI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
T. A. 2014/2015


Contoh Alur Menemukan Masalah dan Judul PTK !

1)      Menemukan masalah
Contoh menemukan masalah:
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis melalui wawancara terhadap guru bidang studi dan observasi terhadap proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu pada hari Senin tanggal 06 April 2015, maka ditemukan gejala-gejala permasalahan sebagai berikut:
1.      Siswa sering tidak memperhatikan penjelasan guru dan mengobrol dengan teman sebangku saat guru menjelaskan materi pelajaran
2.      Siswa kurang berminat untuk bertanya tentang materi yang belum dipahaminya ,
3.      Banyak siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai materi yang telah dijelaskan
4.      Siswa sering tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru
5.      Siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
6.      Guru masih menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran, sehingga siswa cenderung merasa bosan
7.      Dari hasil belajar siswa yang diambil dari nilai ulangan harian, hanya 40 % dari 30 siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan dan 60 % tidak mencapai KKM

2)      Mengidentifikasi masalah
Berdasarkan gejala – gejala permasalahan yang telah diuraikan, maka dapat dirumuskan identifikasi masalah sebagai berikut :
1.      Motivasi dan Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih rendah
2.      Tingkat Pemahaman Siswa terhadap materi pelajaran masih rendah
3.      Aktivitas belajar siswa masih rendah
4.      Hasil belajar siswa masih rendah rendah.

3)      Menemukan Batasan masalah
Agar masalah lebih terfokus dan terarah ,maka dalam penelitian ini penulis membatasi masalah pada “ Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu “.

4)      Menentukan faktor-faktor yang menyebabkan masalah
1.      Faktor Pribadi dan Sikap Guru dalam proses pembelajaran
2.      Faktor intelektual dan bakat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang rendah
3.      Faktor  penggunaan metode yang digunakan guru kurang tepat sehingga siswa menjadi pasif dan cenderung tidak memahami materi yang dijelaskan oleh guru
4.      Faktor tidak adanya media yang digunakan guru untuk menyajikan materi pelajaran

5)      Merumuskan rumusan pemecahan masalah dalam hipotesis tindakan
1.      Guru berusaha memperbaiki pribadi dan sikapnya dalam proses pembelajaran
2.      Guru berusaha bekerjasama dengan keluarga siswa untuk meningkatkan intelektual dan bakat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
3.      Guru harus mengganti metode pembelajaran yang tepat seperti metode belajar aktif Index Card Match ( ICM ) .Metode ini dapat meningkatkan aktifitas  dan hasil belajar siswa karena siswa diminta untuk mencari pasangan dengan cara mencari jawaban dari pertanyaan atau mencari pertanyaan dari jawaban yang ada pada kartu yang mereka dapatkan dari guru
4.      Guru harus menggunakan media dalam pembelajaran seperti media visual atau audiovisual yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran

6)      Menentukan pilihan untuk tindakan pemecahan masalah
Berdasarkan hipotesis – hipotesis tindakan yang telah diuraikan ,maka penulis memilih penggunaan metode pembelajaran yang tepat yaitu  Index Card Match ( ICM ) sebagai tindakan yang diberikan, karena metode ini dapat diaplikasikan pada semua materi pelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa

7)       Merumuskan judul PTK
“ Penerapan Metode Index Card Match ( ICM ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015  Tembilahan Hulu  . “

1.      Instrumen PTK :
1.      Lembar observasi terstruktur
Nama Sekolah           :    Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu
Kelas/Semester          :    IV / II
Pokok Bahasan         :    Sistem Pemerintahan Indonesia

Aspek yang diamati :
1.      Siswa membaca setiap kartu yang telah mereka dapatkan.
2.      Siswa mencari pasangan mereka dengan mencari jawaban dari kartu pertanyaan atau mencari pertanyaan dari kartu jawaban
3.      Siswa duduk berdekatan sesuai pasangan yang telah mereka dapatkan
4.      Setiap pasangan siswa maju kedepan kelas secara bergantian membacakan pertanyaan pada kartu untuk dijawab oleh pasangan siswa yang lain
5.      Siswa menjawab soal tes dengan benar


No
Nama Siswa
Aspek yang Diamati
1
2
3
4
5
1






2






3






4






5






Jumlah





Persentase






2.      Lembar observasi tidak terstruktur

Siklus I                              
Hari/Tanggal                :      Senin , 13 april 2015
Pokok Bahasan           :      Sistem Pemerintahan Indonesia
Observer                     :      Kelompok 8


Gambaran Umum proses pembelajaran
1.         Aktivitas Guru
       -
2.         Aktivitas Siswa
       -
3.         Saran Perbaikan
       -
Tembilahan, 12 April 2015




3.      Lembar tes hasil belajar
Pokok bahasan                : Sistem Pemerintahan Indonesia
Soal    :
1.      Membentuk Kabinet merupakan tugas presiden dalam kedudukannya sebagai …
a.       Kepala Negara                  c. lembaga tinggi negara
b.      Kepala Pemerintahan       d. pemegang tertinggi Angkatan Darat

2.      Tujuan pemerintahan sebuah Negara pada umumnya didasarkan pada …
a.       Tujuan Negara                  c. sistem pemerintahan
b.      Bentuk Negara                 d. bentuk pemerintahan

3.      Pemegang kekuasaan pemerintahan pusat adalah …
a.       Lembaga Legislatif          c.Lembaga Yudikatif
b.      Lembaga Eksekutif          d.Lembaga Eksaminatif

4.      Di Indonesia terdapat sebuah kabinet yang terdiri atas para menteri . Para menteri merupakan bagian dari lembaga …
a.       Legislatif                          c. Eksekutif
b.      Yudikatif                          d. Eksaminatif

5.      Peraturan Pelaksana UUD 1945 dapat membentuk undang undang. Pembuatan Undang – Undang menjadi wewenang lembaga …
a.       Legislatif                          c. Eksekutif
b.      Yudikatif                          d. Eksaminatif

Essay
1.      Dalam arti sempit, sistem pemerintahan diselenggarakan oleh badan …
2.      DiIndonesia ,kepala Negara dan kepala pemerintahan berada di tangan ..
3.      Komponen sistem pemerintahan dalam arti luas adalah lembaga legislative,eksekutif, dan …
4.      Sistem pemerintahan yang diterapkan di Indonesia adalah sistem …
5.      Lembaga Negara yang memegang kekuasaan pemeritahanan atau menjalankan undang – undang disebut lembaga ….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar