TUGAS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)
DIAJUKAN UNTUK MEMENUHI TUGAS TERSTRUKTUR KELOMPOK
OLEH:
NAMA : KELOMPOK 8
AGUS
SALIM HAIKAL
BUNGA
EFRIYANTI
KHALIDA
SOPHIA
TUTI
ALAWIYAH
MAHASISWA
PGMI A. SEMESTER VI
SEKOLAH
TINGGI AGAMA ISLAM (STAI) AULIAURRASYIDIN
TEMBILAHAN
T. A. 2014/2015
Contoh Alur Menemukan Masalah dan Judul PTK !
1)
Menemukan masalah
Contoh
menemukan masalah:
Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis melalui
wawancara terhadap guru bidang studi dan observasi terhadap proses pembelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu
pada hari Senin tanggal 06 April 2015, maka ditemukan gejala-gejala
permasalahan sebagai berikut:
1.
Siswa
sering tidak memperhatikan penjelasan guru dan mengobrol dengan teman sebangku
saat guru menjelaskan materi pelajaran
2.
Siswa
kurang berminat untuk bertanya tentang materi yang belum dipahaminya ,
3.
Banyak
siswa yang tidak dapat menjawab pertanyaan yang diberikan guru mengenai materi
yang telah dijelaskan
4.
Siswa
sering tidak mengerjakan tugas yang diberikan guru
5.
Siswa
tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
6.
Guru
masih menggunakan metode ceramah dalam menyajikan materi pelajaran, sehingga
siswa cenderung merasa bosan
7.
Dari
hasil belajar siswa yang diambil dari nilai ulangan harian, hanya 40 % dari 30
siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan dan 60 % tidak mencapai KKM
2)
Mengidentifikasi masalah
Berdasarkan gejala – gejala permasalahan yang telah diuraikan, maka
dapat dirumuskan identifikasi masalah sebagai berikut :
1.
Motivasi
dan Minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
masih rendah
2.
Tingkat
Pemahaman Siswa terhadap materi pelajaran masih rendah
3.
Aktivitas
belajar siswa masih rendah
4.
Hasil
belajar siswa masih rendah rendah.
3)
Menemukan Batasan masalah
Agar masalah lebih terfokus dan terarah ,maka dalam penelitian ini
penulis membatasi masalah pada “ Hasil Belajar Siswa pada mata pelajaran
Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu “.
4)
Menentukan faktor-faktor yang menyebabkan masalah
1.
Faktor
Pribadi dan Sikap Guru dalam proses pembelajaran
2.
Faktor
intelektual dan bakat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang
rendah
3.
Faktor penggunaan metode yang digunakan guru kurang
tepat sehingga siswa menjadi pasif dan cenderung tidak memahami materi yang
dijelaskan oleh guru
4.
Faktor
tidak adanya media yang digunakan guru untuk menyajikan materi pelajaran
5)
Merumuskan rumusan pemecahan masalah dalam hipotesis tindakan
1.
Guru
berusaha memperbaiki pribadi dan sikapnya dalam proses pembelajaran
2.
Guru
berusaha bekerjasama dengan keluarga siswa untuk meningkatkan intelektual dan
bakat siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
3.
Guru
harus mengganti metode pembelajaran yang tepat seperti metode belajar aktif Index
Card Match ( ICM ) .Metode ini dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa karena siswa diminta
untuk mencari pasangan dengan cara mencari jawaban dari pertanyaan atau mencari
pertanyaan dari jawaban yang ada pada kartu yang mereka dapatkan dari guru
4.
Guru
harus menggunakan media dalam pembelajaran seperti media visual atau
audiovisual yang dapat membantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran
6)
Menentukan pilihan untuk tindakan pemecahan masalah
Berdasarkan hipotesis – hipotesis tindakan yang telah diuraikan
,maka penulis memilih penggunaan metode pembelajaran yang tepat yaitu Index Card Match ( ICM ) sebagai
tindakan yang diberikan, karena metode ini dapat diaplikasikan pada
semua materi pelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa
7)
Merumuskan judul PTK
“ Penerapan
Metode Index Card Match ( ICM ) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 015
Tembilahan Hulu . “
1.
Instrumen PTK :
1.
Lembar observasi terstruktur
Nama
Sekolah : Sekolah Dasar Negeri 015 Tembilahan Hulu
Kelas/Semester : IV
/ II
Pokok
Bahasan : Sistem Pemerintahan Indonesia
Aspek yang diamati :
1.
Siswa
membaca setiap kartu yang telah mereka dapatkan.
2.
Siswa
mencari pasangan mereka dengan mencari jawaban dari kartu pertanyaan atau
mencari pertanyaan dari kartu jawaban
3.
Siswa
duduk berdekatan sesuai pasangan yang telah mereka dapatkan
4.
Setiap
pasangan siswa maju kedepan kelas secara bergantian membacakan pertanyaan pada
kartu untuk dijawab oleh pasangan siswa yang lain
5.
Siswa
menjawab soal tes dengan benar
No
|
Nama Siswa
|
Aspek yang Diamati
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
|
|
Persentase
|
|
|
|
|
|
2.
Lembar observasi tidak terstruktur
Siklus
I
Hari/Tanggal : Senin , 13 april 2015
Pokok
Bahasan : Sistem Pemerintahan Indonesia
Observer : Kelompok 8
|
Gambaran
Umum proses pembelajaran
1.
Aktivitas Guru
-
2.
Aktivitas Siswa
-
3.
Saran Perbaikan
-
Tembilahan,
12 April 2015
3.
Lembar tes hasil belajar
Pokok
bahasan : Sistem
Pemerintahan Indonesia
Soal :
1.
Membentuk
Kabinet merupakan tugas presiden dalam kedudukannya sebagai …
a.
Kepala
Negara c. lembaga tinggi
negara
b.
Kepala
Pemerintahan d. pemegang tertinggi
Angkatan Darat
2.
Tujuan
pemerintahan sebuah Negara pada umumnya didasarkan pada …
a.
Tujuan
Negara c. sistem
pemerintahan
b.
Bentuk
Negara d. bentuk
pemerintahan
3.
Pemegang
kekuasaan pemerintahan pusat adalah …
a.
Lembaga
Legislatif c.Lembaga Yudikatif
b.
Lembaga
Eksekutif d.Lembaga Eksaminatif
4.
Di
Indonesia terdapat sebuah kabinet yang terdiri atas para menteri . Para menteri
merupakan bagian dari lembaga …
a.
Legislatif c.
Eksekutif
b.
Yudikatif
d. Eksaminatif
5.
Peraturan
Pelaksana UUD 1945 dapat membentuk undang undang. Pembuatan Undang – Undang
menjadi wewenang lembaga …
a.
Legislatif c. Eksekutif
b.
Yudikatif d. Eksaminatif
Essay
1.
Dalam
arti sempit, sistem pemerintahan diselenggarakan oleh badan …
2.
DiIndonesia
,kepala Negara dan kepala pemerintahan berada di tangan ..
3.
Komponen
sistem pemerintahan dalam arti luas adalah lembaga legislative,eksekutif, dan …
4.
Sistem
pemerintahan yang diterapkan di Indonesia adalah sistem …
5.
Lembaga
Negara yang memegang kekuasaan pemeritahanan atau menjalankan undang – undang
disebut lembaga ….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar