Kamis, 30 April 2015

TUGAS PTK - RPP SIMULASI METODE INDEX CARD MATCH ( ICM )

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan pendidikan      : SDN 015 Tembilahan Hulu
Kelas/Semester            : IV / I ( Satu  )
Mata Pelajaran            : Pendidikan Kewarganegaraan
Alokasi Waktu            : 1 x 10 menit
Pertemuan                    : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi :
1.              Mengenal Sistem Pmerintahan Tingkat Pusat
Kompetensi Dasar
3.1     Mengenal lembaga –lembaga negara dalam  susunan pemerintahan tingkat pusat , seperti MPR, DPR, Presiden, MA, MK, dan BPK,dan lain - lain
Indikator
3.1.1  Menjelaskan pengertian sistem pemerintahan dalam arti luas dan sempit
3.1.2 Menjelaskan sistem pemerintahan pusat
3.1.3 Membedakan pengertian lembaga eksekutif , legislative, dan yudikatif

I.               Tujuan pembelajaran
Setelah melakukan kegiatan pembelajaran, siswa dapat :
1.      Menjelaskan pengertian sistem pemerintahan dalam arti luas dan sempit
2.      Menjelaskan sistem pemerintahan pusat
3.      Membedakan pengertian lembaga eksekutif, legislative, dan yudikatif



II.           Materi Pembelajaran  :
SISTEM PEMERINTAHAN INDONESIA

a.      Pengertian sistem pemerintahan  Indonesia
Berdasarkan istilahnya, sistem pemerintahan merupakan gabungan dari dua kata, yaitu sistem dan pemerintahan. Sistem berarti susunan, tatanan, jaringan, atau cara .Adapun Pemerintahan berarti perbuatan, cara, hal, dan urusan dalam pemerintah . Jadi, sistem pemerintah adalah sebuah tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen pemerintahan yang bekerja saling bergantungan dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan .
Dalam arti luas , sistem pemerintahan adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan – badan legislative, eksekutif, dan yudikatif di suatu negara dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara . Tujuan pemerintahan suatu negara pada umumnya didasarkan  pada cita – cita atau tujuan negara .
Adapun dalam arti sempit, sistem pemerintahan adalah perbuatan memerintah yang dilakukan oleh badan eksekutif beserta jajarannya dalam rangka mencapai tujuan penyelenggaraan negara .Sistem pemerintahan dalam arti sempit inilah yang sering disebut sebagai sistem pemerintahan di Indonesia .Negara Indonesia menerapkan sistem pemerintahan presidensial  yang bercirikan bahwa kepala negara dan kepala pemerintahan berada ditangan presiden dan presiden memimpin kabinet dan tidak bertanggung jawab secara langsung kepada parlemen .
Sistem pemerintahan secara luas meliputi :
1.      Lembaga legislatif, adalah lembaga negara yang memegang kekuasaan membentuk undang – undang .Lembaga legislatif terdiri atas MPR, DPR, dan DPD .
2.      Lembaga eksekutif adalah lembaga yang memegang kekuasaan pemerintahan atau menjalankan undang – undang .Lembaga eksekutif terdiri atas presiden dan wakil presiden. Selain itu, ada para menteri yang menjadi pembantu presiden dalam lembaga eksekutif .
3.      Lembaga Yudikatif adalah lembaga yang memegang kekuasaan dibidang kehakiman . Lembaga ini bebas dari campur tangan siapapun .Lembaga yudikatif juga menylenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan . Lembaga ini terdiri atas Mahkamah agung ( MA ), Mahkamah Konstitusi ( MK ), Komisi Yudisial .

IV. Metode pembelajaran    :
Index Card Match ( ICM )

V. Langkah-langkah kegiatan
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Kegiatan Awal
1.     Guru bersama siswa berdoa sebelum memulai pembelajaran
2.     Guru mengabsensi kehadiran siswa
3.     Guru menanyakan kesiapan siswa untuk belajar
4.     Appersepsi: guru menanyakan materi yang telah dipelajari pada minggu sebelumnya
5.     Motivasi : bernyanyi lagu nasional
6.     Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan judul materi yang akan dipelajari
2 menit

Kegiatan Inti
Eksplorasi
1.         Guru meminta siswa menyusun posisi tempat duduk sesuai dengan perintah guru
2.         Guru melakukan Tanya jawab mengenai pengertian sistem pemerintahan
3.         Guru menjelaskan tata cara metode belajar yang akan dilakukan oleh siswa
4.         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengulang bacaan tentang materi yang akan dipelajari selama beberapa menit
5.         Guru meminta siswa untuk menutup buku pelajaran yang mereka baca .
6.         Guru mengocok setiap potongan kartu pertanyaan dan kartu jawaban yang telah disediakan guru
7.         Guru memberikan 1 potongan kartu kepada setiap siswa
8.         Setelah selesai, guru memberikan aba – aba kepada setiap siswa untuk mulai mencari pasangan mereka masing – masing .
9.         Setelah siswa menemukan pasangannya, guru meminta siswa untuk duduk berdekatan dengan pasangan mereka .
10.     Guru meminta setiap pasangan siswa secara bergantian untuk maju kedepan kelas untuk membacakan pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan tersebut agar didengar oleh seluruh siswa
Elaborasi
1.      Siswa membaca materi yang akan mereka pelajari untuk mengulang bacaan mereka saat dirumah
2.      Siswa berhenti membaca materi dan menutup buku pelajaran
3.      Siswa mengambil kartu yang telah diberikan guru
4.      Siswa mulai mencari pasangan kartu yang merek dapatkan
5.      Siswa duduk berdekatan dengan pasangan yang mereka temukan
6.      Siswa secara bergantian maju kedepan kelas bersama pasangannya untuk membacakan kartu pertanyaan dan jawaban dari pertanyaan tersebut .
Konfirmasi
1.      Guru meminta pendapat siswa apakah pertanyaan dan jawaban yang telah dibacakan pasangan yang tampil cocok atau tidak
2.      Guru memberikan penguatan positif terhadap hasil kerja siswa


6 Menit
Kegiatan Akhir
1.    Guru bertanya jawab kepada siswa mengenai materi yang belum dipahami siswa
2.    Guru melakukan evaluasi untuk menguji tingkat pemahaman siswa terhadap materi
3.    Guru membuat kesimpulan terhadap materi yang telah dipelajari.
4.    Pembelajaran ditutup dengan doa bersama.
2 Menit

VI. Alat,Media  dan Sumber Belajar     :
Ø  Alat dan media    : Potongan kartu pertanyaaan dan kartu jawaban, lembar tes  hasil belajar , lembar observasi
Ø  Sumber belajar     : Buku dan LKS Pendidikan Kewarganegaraan kelas IV ,Ktsp 2006 .
VII. Penilaian                     
          Bentuk            : Essay dan pilihan ganda
          Teknik            : Tertulis
                                    Soal                 :
1.      Membentuk Kabinet merupakan tugas presiden dalam kedudukannya sebagai …
a.       Kepala Negara                       c. lembaga tinggi negara
b.      Kepala Pemerintahan             d. pemegang tertinggi Angkatan Darat

2.      Tujuan pemerintahan sebuah Negara pada umumnya didasarkan pada …
a.       Tujuan Negara                        c. sistem pemerintahan
b.      Bentuk Negara                       d. bentuk pemerintahan

3.      Pemegang kekuasaan pemerintahan pusat adalah …
a.       Lembaga Legislatif                c.Lembaga Yudikatif
b.      Lembaga Eksekutif                d.Lembaga Eksaminatif

4.      Di Indonesia terdapat sebuah kabinet yang terdiri atas para menteri . Para menteri merupakan bagian dari lembaga …
a.       Legislatif                                c. Eksekutif
b.      Yudikatif                                d. Eksaminatif

5.      Peraturan Pelaksana UUD 1945 dapat membentuk undang undang. Pembuatan Undang – Undang menjadi wewenang lembaga …
a.       Legislatif                                c. Eksekutif
b.      Yudikatif                                d. Eksaminatif
Essay
1.      Dalam arti sempit, sistem pemerintahan diselenggarakan oleh badan …
2.      DiIndonesia ,kepala Negara dan kepala pemerintahan berada di tangan ..
3.      Komponen sistem pemerintahan dalam arti luas adalah lembaga legislative,eksekutif, dan …
4.      Sistem pemerintahan yang diterapkan di Indonesia adalah sistem …
5.      Lembaga Negara yang memegang kekuasaan pemeritahaan atau menjalankan undang – undang disebut lembaga ….
Kunci Jawaban :
a.      Pilihan Ganda
1.      B                           4. C
2.      A                          5. A
3.      B
b.      Essay :
1.      Eksekutif beserta jajarannya
2.      Presiden
3.      Yudikatif
4.      Presidensial
5.      Eksekutif
Tembilahan,               April  2015
Mengetahui
Kepala Sekolah SDN 015 Tembilahan                                Guru Kelas


SYAFRUDDIN,S.Pd                                                    KHALIDA SOPHIA

1 komentar:

  1. CASINO, LLC 777 Casino Ave, LAS VEGAS | Mapyro
    Find reviews and 의왕 출장마사지 information for CASINO, 천안 출장안마 LLC 777 Casino 구미 출장안마 Ave in LAS VEGAS. 세종특별자치 출장안마 Real reviews, 세종특별자치 출장안마 photos, directions, amenities.

    BalasHapus